![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfjd29qBNBgRjbucwJ6MSBvEOOliLaMk_al59giGDYrZuBwUc_7K1hptVzUl3dLpX8v6-5Yb_A1P4jtxmTURQ74_rpqN-6sFpVAxjQYbHwaeLt-YMCE4DkFqZfFWPqbPiRdM83KFkq6xY/s1600/1295951440_userconfig.png)
SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS YLPI PEKANBARU
A. Selayang Pandang
Sekolah Dasar Islam Plus YLPI didirikan pada tahun 1998 dan telah mengalami 4 kali tahapan pembangunan fisik yaitu pada tahun 1998 sebanyak 8
RKB, tahun 2003 sebanyak 6 RKB, tahun 2006 sebanyak 4 RKB dan tahun 2007 sebanyak 3 RKB. Sekolah ini terletak di Jalan Kaharuddin nasution
KM.11 Komplek Universitas IslamRiau Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukitraya (sebelah Tenggara dari pusat Kota Pekanbaru). Sekolah ini letaknya
sangat strategis dan mudah dijangkau oleh segala jenis kendaraan, baik pribadi maupun umum karena jarak yang sangat dekat dengan jalan raya kota
serta dikelilingi oleh pemukiman penduduk, perumahan, serta berada di tengah-tengah komplek pendidikan (perguruan YLPI yang mengelola pendidikan;
PAUD, TK, MDA, SD, SMP, SMA dan PT di atas lahan seluas 13 Ha.) dan merupakan komplek hijau (Green Campus) yang aman, nyaman, rindang dan
asri sehingga membuat SD Islam Plus YLPI menjadi salah satu tujuan utama masyarakat sebagai tempat untuk menyekolahkan anaknya.
Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, berbagai prestasi telah dicapai oleh SD Islam Plus YLPI antara lain lulusan setiap tahun selalu mencapai 100 %
dan alumninya dapat diterima di berbagai SMP/MTs unggulan serta berbagai prestasi bidang akademik dan non akademikpun telah juga berhasil diraih
oleh sekolah ini.
Dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompleks dan tuntutan persaingan dunia pendidikan yang ketat serta tuntutan masyarakat
terhadap pelayanan pendidikan yang semakin tinggi, maka SD Islam Plus YLPI pun selalu berupaya mengadakan peningkatan dan pengembangan
dalam berbagai aspek, seperti pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, peningkatan mutu sumberdaya, peningkatan kualitas sarana dan
prasarana, kesiswaan, pendanaan, dan peran serta masyarakat dalam membantu penyelenggaraan pendidikan.
B. Visi, Misi, Tujuan dan Target Sekolah
Sekolah Dasar sebagai lembaga pendidikan formal mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional serta
pendidikan di daerah masing – masing. Oleh karena itu SD Islam Plus YLPI perlu memiliki visi dan misi sekolah. Dengan adanya visi dan misi SD Islam
Plus YLPI dapat dijadikan sebagai arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendididkan yang dicita – citakan. Berikut ini visi, misi dan
tujuan pendidikan SD Islam Plus YLPI Pekanbaru.
a. Visi dan Indikator Ketercapaiannya
1. Visi
"MENJADI SEKOLAH UNGGUL BERBASIS IT, KARAKTER, IMAN DAN TAQWA."
2. Indikator Ketercapaian Visi
1) Mendapat pengakuan dari masyarakat sebagai sekolah unggul dan berprestasi.
2) Meraih prestasi tiga besar terbaik di tingkat Kota Pekanbaru pada Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).
3) Mengaktualisasikan ilmu dalam bentuk skill sesuai dengan tingkat kompetensi yang dikuasai siswa.
4) Menghargai dan berpartisipasi aktif dalam memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan.
5) Mengaktualisasikan nilai-nilai luhur dan budaya melayu dalam kehidupan sehari-hari.
6) Mengaktualisasikan nilai-nilai akhlakul karimah
7) Mengaktualisasikan sikap iman dan takwa dalam kehidupan sehari-hari.
8) Menerapkan ibadah yang shahih berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
b. Misi
Misi SD Islam Plus YLPI Bukitraya Kota Pekanbaru:
1) Melaksanakan Pelayanan pendidikan umur 7-12 tahun.
2) Memberikan pelayanan pendidikan secara Islami dengan berbasis Ilmu pengetahuan dan Teknologi kekinian.
3) Memberikan pendidikan dasar berupa pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) serta sikap (afektif) yang dapat diterapkan sebagai
bekal bagi peserta didik untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.
4) Menyatukan kemampuan skill dan sikap Islami.
5) Melaksanakan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Menyenagkan dan Inovatif (PAKEMI).
6) Membentuk generasi yang memiliki karakter islami, kreatifitas, mandiri, percaya diri, disiplin dan bertanggung jawab.
7) Memacu perkembangan minat dan bakat peserta didik secara optimal dan berdaya guna.
8) Meningkatkan kedisiplinan dan profesionalisme personal.
9) Mengoptimalkan pelaksanaan program kebersihan, keindahan, dan ketertiban di sekolah.